Beranda > Networking > Jenis-jenis Load Balancing

Jenis-jenis Load Balancing

Secara umum Load balance adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Jenis-jenis Load Balancing yaitu :

1.      Load-Balancing Default:

Teknik menyeimbangkan beban bandwidth ke dua atau lebih saluran internet yang ada, jadi tiap saluran dapat dimanfaatkan secara effisien. Alur trafik akan diatur sedemikian rupa berdasarkan beban masing-masing koneksi secara merata.

2.      Fail-over :

Teknik pengalihan jaringan, sebenarnya ini bukan termasuk jenis load-balancing namun teknik ini sering dipakai berdampingan dengan teknik load-balancing. Cara kerja teknik ini akan mengalihkan jalur traffic jika jalur normal yang dipakai sedang mati dan akan di alihkan ke jalur traffic yang masih hidup.

3.       Load-Balancing Persistence :

Teknik Load-balance dengan tambahan fitur untuk pengalihan jalur secara konsisten,misalnya kelompok ip A akan dilewatkan ke jalur ISP 1 dan kelompok ip B akan dilewatkan ke jalur ISP 2.

4.      Bandwith Agreggation

Teknik penggabungan saluran internet/WAN menjadi seolah-olah satu saluran aja. Efek bonding bisa menggabungkan dua bandwidth, misal ISP1=1mbps ISP2=1mbps maka hasil dari bonding adalah 2mbps. Namun pada Teknik ini tidak akan mungkin jika pada ISP tidak support dengan teknik ini. ISP yang terkait juga harus di konfigurasi sedemikian rupa.

Pada postingan kali ini saya akan membahas lebih lanjut dari teknik ke 3 yaitu Load Balancing persistence, Load Balancing persistence merupaka solusi yang terbaik untuk arsitektur service penyedia server public, karena pada jaringan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda dari kepadatan trafficnya, maka dari itu membuat aturan dengan konsistensi jalur merupaka solusi yang terbaik untuk arsitektur tersebut.

Regards,

Verrysoon

http://tar-xzvf.web.id

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s